atensi Artikel

Pentingnya Digitalisasi Layanan Kesehatan untuk Meningkatkan Pelayanan dan Keselamatan Pasien

Liputan
atensi dilihat 639
1 Tahun yang lalu
Share
atensi atensi atensi
atensi

Jakarta, 19 Oktober 2022 – Digitalisasi dalam dunia kesehatan kini tak hanya mampu menjawab tantangan akan akses konsultasi dan distribusi obat selama pandemi, tetapi juga memberikan peluang bagi dokter untuk meningkatkan pelayanan pada pasien. Pada tataran ini, telehealth memainkan peran penting untuk membentuk ekosistem digital yang memperbesar jangkauan pelayanan dokter kepada lebih banyak pasien. 

Membahas lebih lanjut mengenai topik tersebut, ATENSI bekerja sama dengan Komunitas Digital Medis dan Rumah Sakit Indonesia (KITRAS) menghadirkan talkshow bertemakan “Seberapa Penting Dokter berbasis IT pada Peningkatan Layanan dan Keselamatan Pasien.” Melalui acara ini, dr. Irwan Heriyanto, MARS selaku Wakil Ketua ATENSI membagikan pandangannya mengenai peluang dan tantangan digitalisasi di dunia kesehatan bagi dokter. 

Talkshow ini merupakan rangkaian dari acara International Digital Medic Summit (IDMS) 2022, pertemuan internasional tahunan untuk membahas perkembangan teknologi di dunia kesehatan. Bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), IDMS tahun ini mengangkat tema besar “Reimagine Health Together through Improving Digitalization Knowledge and Execution.”

dr. Irwan Heriyanto, MARS selaku Wakil Ketua ATENSI memaparkan, “Dengan digitalisasi, peningkatan pelayanan kesehatan tak hanya terbatas pada meluasnya jangkauan pelayanan dokter, tetapi juga sebagai early warning system untuk pasien. Digitalisasi memudahkan pasien untuk segera berkonsultasi ketika mengalami gejala tertentu dan melakukan langkah pencegahan agar penyakit tidak semakin parah.”

Digitalisasi juga memungkinkan pencatatan riwayat pasien yang lebih komprehensif dan memudahkan dokter untuk menganalisis penyakit, yakni melalui electronic medical record. Tak hanya itu, dokter dapat melakukan real time monitoring terhadap pasien. Misalnya, pemeriksaan gula darah yang dilakukan secara real time.